5 Misteri dengan Penjelasan Logis

Kita semua suka misteri. Hal ini terlihat di sejumlah komentar pada artikel-artikel misteri. Selain itu juga, selalu menyenangkan membaca misteri-misteri baru dan mengasyikkan sekaligus mencoba mencari pemecahannya. Senang juga mendengarkan misteri-misteri yang tidak lagi menjadi misteri, atau mendengar penjelasan-penjelasan rasional tentang misteri. Berikut ini membahas lima misteri terkenal berikut penjelasan logisnya. Disadur dari listverse.com.

1. Wajah di Planet Mars
Wilayah Cydonian di planet Mars menarik banyak perhatian karena salah satu bukit di wilayah tersebut tampak seperit buatan manusia. Wilayah tersebut pertama kali diambil gambarnya secara terperinci oleh pengorbit Viking 1, yang diluncurkan tahun 1975. Beberapa gambar diambil oleh Viking, termasuk yang diambil tahun 1976 yang menunjukkan bahwa salah satu mesa Cydonian memiliki wajah Mars tersebut. Para ilmuwan menyangkal bahwa wajah tersebut adalah tipuan cahaya dan bayangan, namun kemudian gambar kedua juga menunjukkan wajah Mars dari sudut matahari yang berbeda. Hal ini menarik perhatian organisasi-organisasi yang tertarik pada hal-hal luar bumi, dan beberapa pembawa acara talkshow percaya bahwa Wajah tersebut merupakan peradaban Martian yang telah lama hilang.


Hampir semua ilmuwan masih memegang kepercayaan bahwa wajah tersebut hanya merupakan akibat dari kondisi penglihatan. Tahun 2003, ketika agensi ruang angkasa di Eropa meluncurkan Mars Express. Mars Express ini mampu menggabungkan data dari kamera stereo beresolusi tinggi dan menciptakan gambar 3D dari “Wajah Mars.” Gambar terakhir (di bawah) mungkin dapat membungkan hampir semua orang yang memegang kepercayaan ini. Gambar tersebut menunjukkan sebuah bekas besar atau remnant massif, yang dianggap telah terbentuk akibat longsoran-longsoran. Dan tidak ada gambaran wajah.

2. Batu Ica

Batu Ica atau The Ica Stones adalah bebatuan yang ditemukan dalam sebuah gua di Peru. Gua tersebut tidak pernah diketahui. Bebatuan tersebut memiliki ukiran seperti para kaum Aztec sedang melawan dinosaurus, ikan yang telah punah, bedah jantung terbuka dan hal-hal lain yang menunjukkan peradaban maju. Seorang petani ditahan karena menjual bebatuan ini kepada wisatawan, ketika ia mengaku membuat ukirannya sendiri. Untuk menciptakan bebatuan yang kuno tersebut, ia berkata ia membiarkan bebatuan tersebut di dalam kandang ayam, dan sisanya biarkan ayam-ayam tersebut yang bekerja. Orang lain yang juga telah membuat dan menjual Bebatuan Ica. Tidak ada bukti tentang sebuah peradaban dalam area tersebut, tidak ada reruntuhan, tulang atau apa pun.

3. Mary Celeste.

Mary Celeste adalah sebuah kapal yang ditemukan mengambang di atas laut tanpa kru. Konon, kapal ini hanyut di tengah samudera namun memiliki banyak barang-barang pribadi yang tidak bertuan. Di atas deknya pun ditemukan bekas kebakaran yang aneh. Cerita yang beredar adalah kru tersebut diculik oleh alien. Kebenarannya cukup membosankan. Ada sebuah kapal yang menemukan May Celeste di tengah-tengah perjalanannya. Kru kapal tersebut melihat kru Mary Celeste terburu-buru meninggalkan kapal tersebut. Mereka juga melihat bahwa kapal tersebut mengeluarkan suara bising yang aneh. Sang kapten mungkin menyangka kapal tersebut akan tenggelam, jadi ia meninggalkan krunya.

4. Segitiga Bermuda.

Segitiga Bermuda adalah wilayah berbentuk segitiga di samudera Atlantik dimana banyak kapal dan pesawat tabrakan, atau menghilang, tanpa jejak. Namun, banyak kapal dan pesawat yang menghilang di sekitar Segitiga Bermuda sebenarnya tidak menghilang tepat di Segitiga Bermuda. Selain itu, jumlah yang hilang dan tabrakan sangat tidak biasa untuk wilayah seukuran itu. Cerita Segitiga bermuda telah berkembang akibat histeria media dan para penulis yang ingin diterbitkan.

5. Kalender Hitung Kaum Maya


Satu-satunya hal yang misterius di sini adalah kaum Maya itu sendiri, dan bagaimana mereka membuat kalender. Kalendernya tampak seperti ini, 12.18.16.2.6, meski bukan tanggal masa sekarang. Menurut rumor, kalender kaum Maya berakhir pada tanggal 21 Desember 2012, jadi orang-orang memprediksikan kiamat pada tanggal tersebut. Namun, bukti-bukti terakhir menyatakan bahwa kalender Maya adalah sebuah odometer, ketika angkanya mencapai angka nol, kalender ini terhitung dari satu lagi. “Kalender Maya akan terus berjalan hingga miliaran, triliunan, dan oktilion tahun di masa depan,” kata seorang arkeolog, David Stuart dari University of Texas. Kalender yang ditemukan menunjukkan beberapa macam siklus kalender, seperti kalender perayaan 260 hari, kalender Matahari 365 hari, kalender siklus planet Venus 584 hari, dan kalender siklus Mars 780 hari. Tidak ada misteri.


0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.