Objek Wisata Sumatera Utara


Objek wisata merupakan salah satu devisa bagi suatu negara yang memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan. Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi wisata yang cukup besar karena dari sisi geografis, Indonesia merupakan negara kepulauan yang cantik. Di apit dua benua dan dua samudera, membuat Indonesia banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.
Khususnya di Sumatera Utara, masih banyak tempat wisata yang masih belum diketahui oleh warga Sumatera Utara itu sendiri. Sebagian besar penduduk Sumatera Utara hanya mengenal tempat wisata yang banyak dikunjungi dan sudah terkena seperti Danau Toba dan Bukit Lawang. Masih banyak tempat wisata di Sumatera Utara yang masih cukup potensi dikembangkan dan dikelola untuk mendatangkan devisa jika dikelola dengan baik dan benar, Berikut objek wisata Sumatera Utara yang cukup terkenal di Sumatera Utara :


1. Danau Toba.





Siapa yang tidak kenal denga Danau Toba ?. Danau ini telah terkenal ke seluruh dunia. Dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, terkenal dengan danau vulkanik terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau terdapat Pulau Samosir dan telah menjadi objek wisata yang penting di Sumatera Utara.
2. Bukit Lawang.
Bukit Lawang merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Langkat yang dikelilingi hutan dan di dalam lingkup Taman Nasional Gunung Leuser yang terkenal dengan konserbasi orang utannya. Jarak yang ditempuh dari pusat kota Medan sekitar 80 km. Selain itu, di sekitar Bukit Lawang, terdapat sungai bahorok yang bisa dimanfaatkan untuk wisata arum jeram.



3. Pantai Cermin.
Pantai Cermin merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara yang menghadap langsung ke Selat Malaka. Tempat wisata ini cukup banyak dikunjungi pada hari Minggu dan hari libur.Pantai ini memiliki Theme Park sebagai tempat bermain air untuk anak-anak.
 
4. Air Terjun Sipiso Piso
Air Terjun Sipiso piso merupakan air terjun tertinggi di Indonesia ini, dengan ketinggian 120 meter, berada di sebelah utara Danau Toba, tepatnya sekitar 24 kilometer dari Kabanjahe.Air terjun Sipiso-piso terbuat dari sungai bawah tanah di plato Karo yang mengalir melalui sebuah gua di sisi kawah Danau Toba. Bagi warga Sumatera utara, air terjun ini sudah tidak asing lagi di dengar dan banyak yang dikunjungi dari berbagai daerah Sumatera Utara. Untuk menuju air terjun tersebut, harus menuruni tangga yang disediakan.




5. Pulau Berhala.
Pulau berhala terletak di tengah Selat Malaka, di Kabupaten Serdang Bedagai kecamatan Tanjung Beringin, Sumatera Utara. Nama Pulau Berhala itu sendiri bukan hanya ada di Sumatera utara, tapi ada juga di Provisi Jambi agar tidak membingungkan. Pulau ini merupakan pulau terluar Indonesia di Selat Malaka, sekitar 48 mil dari Pelabuhan Belawan. Luasnya sekitar 2,5 km². Berhala memiliki topografi bergunung dengan hutan lebat dan pantai yang putih bersih kaya akan keanekaragaman hayati seperti, ikan dan terumbu karang yang sangat indah. Pada awal dan akhir tahun, pantai Pulau Berhala menjadi tempat persinggahan penyu untuk bertelur.

6. Tangkahan
Tangkahan adalah sebuah kawasan di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Diapit oleh Desa Namo Sialang dan Desa Sei Serdang. Kombinasi dari vegetasi hutan hujan tropis dan topografi yang berbukit, menjadikan Tangkahan sebagai tempat yang ideal untuk berwisata. Sungai Buluh dan Batang Serangan yang membelah hutan ini merupakan tipe sungai khas hutan tropis, dilengkapi dengan beraneka ragam jenis tumbuhan aneka warna dan tebing bercorak di sepanjang sungai. Dengan lokasi yang bertemakan natural alam, disini kita bisa menikmati petualangan seru seperti menaiki gajah bersama penjaga hutan, menyusuri sungai Batang Serangan, menjelajahi hutan serta berendam di air panas.


7. Air Terjun Dwi Warna
Air terjun Dwiwarna (dua warna) yang juga terkenal dengan sebutan Telaga Biru Sibolangit di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit ini sangat banyak dikunjungi turis terutama pada saat-saat libur.Air terjun telaga dua warna atau telaga biru ini berketinggian sekitar 100 meter bersumber dari Gunung Sibayak. Air terjun ini memiliki dua warna yaitu biru muda dan putih keabu-abuan karena mengandung belerang dan fosfor. Untuk menuju kesana, harus berjalan kaki dari Bumi Perkemahan Sibolangit.



8. Pantai Pandan
Pantai ini berada di desa  Pandan, Sibolga Kecamatan Pandan Ibukota Kabupaten Tapanuli Tengah,Sumatera Utara. Dilokasi Objek wisata pantai Indah Pandan ini kita dapat melihat Pantai yang sangat Indah dengan Pasir Putih memanjang dan luas, Ombak laut yang Indah dan cocok untuk bersantai bersama keluarga. Ditempat Objek wisata pantai Indah Pandan ini juga tersedia langsung restaurant, penginapan dan dapat menikmati berbagai makanan tradisional yang relatif murah.
9. Taman Simalem Resort.

Taman Simalem Resort terletak di perbukitan utara-barat dari Danau Toba, sekitar 45 menit perjalanan dari Berastagi atau hampir 3 jam dari Kota Medan. Terdiri dari lahan 200 hektar dan berada di ketinggian 1.500 meter dia atas permukaan tanah, kawasan ini terlihat indah, berawan sejuk dan memiliki view yang bagus untuk melihat langsung Danau Toba.  Fasilitas yang ditawarkan yaitu :
  • Kodon-Kodon Cafe (tasty treats in gazebos overlooking Lake Toba)
  • Toba Cafe (fast-food outlet with great view of golf course)
  • Pearl of Lake Toba Plaza (best view of Lake Toba for photo-shoot)
  • Buddhist Temple (ancient Buddhist Temple architecture)
  •  Management Office
  • Windy Cafe (snacks on the site of Tongging Lodge & Convention)
  • Pangambatan Zoopark (animal park, jungle trekking and camping facilities)
  • Karo Agrotourism Farm (center for research dan cultivation of fruits and vegetables)
  • Tongging Lodge & Convention and Spa (200-room hotel and dormitory)
  •  Merek Funland (children in- and outdoor playground)
  • Owners’ Guesthouse (20-room exclusive accommodation)
  •  9-hole Gorat Ni Padang golf course (set in the midst of tea and coffee plantation


   
10. Nias

Tak semua orang tahu bahwa di Kabupaten Nias terdapat banyak potensi pariwisata yang bisa menjadi sasaran tempat untuk berekreasi saat musim liburan tiba. Tidak saja hanya mengandalkan wisata wisata alam, tetapi juga tersedia wisata budaya dan sejarah. Potensi wisata yang ada di Nias, terutama di Nias Induk seperti berikut :

  • Mbombo Aukhu,obyek wisata ini merupakan salah satu sumber mata air panas alami yang ada di Pulau Nias. Memiliki kandungan sulfur yang terbukti dan diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit sekaligus juga melancarkan peredaran darah, apabila mandi dan berendam di kolam renangnya.
  • Air Terjun Baho Hou, air terjun ini, berasal dari hulu Sungai Hou yang memiliki 5 tingkatan. Mempunyai struktur yang sangat unik, batu cadasnya merupakan proses alami dan telah membentuk guratan-guratan panjang berpola di sepanjang dinding air terjun. Sehingga membuat pengunjung takjub dan terpesona.
  • Air Terjun Mo’ambölö, berada di Desa Hiliwarökha, Kecamatan Bawölato, yang hanya berjarak sekitar 47 km dari Kota Gunungsitoli. Air terjun Mo’ambölö, menurut masyarakat sekitar, dulunya merupakan tempat pemandian khusus putri-putri raja di daerah itu. Keunikan lainnya, airnya bukan bersumber dari sungai melainkan berasal dari mata air yang terletak di bagian atas air terjun. Suasana alami yang sejuk menyegarkan jiwa bagi pengunjung.
  • Pulau Onolimbu, merupakan rumah bagi berbagai jenis burung dan kelelawar. Di pulau ini kita bisa melihat berbagai jenis burung, seperti, burung  buru’u, fune, gogowaya, gaga, tötöhua, keke, beo, dan jenis burung lainnya. Biasanya, burung-burung tersebut, pada malam hari menginap di sana dan pagi harinya pergi menjelajahi Pulau Nias ini. Pulau ini sangat menjanjikan pesona wisata yang berkesan bagi wisatawan.Selain terdapat jenis bururng, juga memberikan harapan kepada para penggemar  kegiatan tracking (berjalan kaki mengelilingi pulau), diving (menyelam di sekitar terumbu karang) atau fishing (memancing di sekitar pulau) adalah pengalaman yang sulit dilupakan di obyek wisata ini.
 







0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.